Masyarakat sekarang ini telah giatnya melakukan pembangunan baik untuk hunian apartemen, perumahan, bangunan ibadah, dan lain sebagainya dengan mnggunakan batu marmer. Penggunaan marmer setiap tahunnya memang selalu meningkat baik di satu jenis marmer juga jenis marmer yang lainnya, salah satu jenis marmer yang sering digunakan oleh masyarakat sebagai media aplikasi bangunan adalah marmer Ujung Pandang.

 

Apa Itu Marmer Ujung Pandang?

Marmer Ujung Pandang merupakan jenis batu marmer lokal yang menempati kepopuleran di kalangan kontruktor bangunan. Batu marmer ini tempat pertambangannya berapa di beberapa wilayah yang ada di Maros juga Pangkep, yang merupakan daerah di Pangkajene serta kepulauan.

Dua kota yang terletak di Kabupaten Sulawesi Selatan tersebut menjadi salah satu lokasi pertambangan marmer terbesar yang ada di Indonesia. Pada pasar batu marmer lokasl juga mancanegara, batu marmer jenis Ujung Pandang juga disebut dengan marmer Makassar.

Marmer jenis Ujung Pandang sendiri telah menjadi salaah satu jenis marmer primadona para arsitek serta para interior desainer guna menentukan berbagai material yang cocok menjadi pelengkap karya mereka.

Batu marmer jenis ini mempunyai ciri khas dengan dominasi berbagai warna yang natural misalkan light cream juga light brown dengan berbagai varian pada pola uratnya yang banyak ragamnya dan tipe batu marmer jenis inilah yang tidak akan di dapatkan pada batu marmer dengan tipe yang lainnya.

 

Berbagai Type Marmer Ujung Pandang

Marmer Ujung Pandang ternyata tidak hanya memiliki satu jenis type saja, namun ada banyak type yang telah dikenal oleh masyarakat dan para arsitek. Berbagai karakter type dari marmer jenis Ujung Pandang tersebut dibedakan dari beberapa karakter yang bisa dilihat dari masing-masing batu marmer tersebut. Type dari batu marmer Ujung Pandang adalah:

  1. Type Golden Perlato
  2. Type Crema Perlato
  3. Type Chiampo Blue
  4. Type Davina Grey
  5. Type Monalisa C1
  6. Type Monalisa C2
  7. Type Tuscany Cream
  8. Type Previa
  9. Type Marossa Beige
  10. Type Crema Nippa

Berbagai type dari batu marmer jenis Ujung Pandang ini mempunyai karakter dengan warnanya yang natural beige serta variasi berbagai warna urat dengan warna abu-abu, marmer jenis ini dapat diaplikasikan pada lantai marmer serta diaplikasi juga di dinding, penggunaan marmer cukup baik bagi area interior juga area eksterior ruangan anda.

Penjualan Batu Marmer Ujung Panjang

Marmer jenis ujung panjang biasanya dijual dengan ukuran satuan meter persegi (m2), penjualan dilakukan dengan berbagai ukuran misalkan dalam bentuk slabs dengan ukurannya berkisar 160 x 210 cm.

Untuk strip mempunyai ukuran 60 cm  x panjang juga mempunyai ukuran standar untuk tile  yaitu 40 x 40 cm maupun 60 x 60 cm. dari segi ketebalan yang dimiliki batu marmer punya ukuran antara 1,5 sampai 2 cm.

 

Harga Jual Marmer Ujung Pandang

Harga yang ditawarkan oleh batu marmer jenis ujung panjang memang bervariasi, penetapan harga jual marmer juga dipengaruhi dengan beberapa factor yaitu, kualitas, pemesanan, volume, ketersediaan akan stock yang ada, dan paling penting lagi berkaitan dengan selera anda.

Disini jika kualitas yang dijual semakin bagus, maka harga yang ditawarkan juga semakin meroket naik dan begitupun sebaliknya. Namun, disisi lain anda tidak mudah menemukan berbagai harga yang tepat dengan berbagai penjualan marmer tersebut.

Kesulitan dalam penetapan harga bisa terjadi, sebab tidak menggunakan patokan standart harga. Untuk marmer dari Ujung Pandang yang mempunyai kualitas yang tinggi atau baik dihargai kisaran harga antara 600 ribu rupiah per m2 sampai 1,5 juta per m2, untuk harga jual marmer jenis Ujung Pandang yang mempunyai kualitas medium dihargai kisaran 300 ribu sampai dengan 600 ribu per m2.

Selain itu anda dapat juga menemukan batu marmer jenis Ujung Pandang seharga di bawah 300 ribu per m2, namun dari segi kualiasnya memang jelas di bawah standar ukuran tile maupun dengan menggunakan volume stok yang juga terbatas.

 

Tips Pemasangan Marmer Jenis Ujung Pandang

Melakukan pemasangan untuk berbagai jenis batu marmer tidak sembarangan, sebab pemasangan harus dilakukan dengan tepat dan akan menyempurnakan kualitas dari marmer itu sendiri. Dengan demikian marmer menyediakan berbagai keunikan yang sangat alami dan tidak dimiliki pada berbagai material lainnya yang digunakan utnuk penutup lantai atau dinding.

Dari sini jelas bahwa kualitas dari marmer juga tergantung dari proses pemasangannya, sehingga hasil akhirnya memuaskan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bisa mekakukan pemasangan marmer, hanya para ahli pemasangan marmer yang profesional serta yang telah berpengalaman yang bisa  memasang dengan baik sehingga kualitas marmer semakin baik juga.

Maka dari itu ada beberapa tips cara memasang marmer yang baik adalah:

  1. Menggunakan jasa pemasangan marmer profesional

Bagi mereka tim ahli pemasangan marmer, meraka akan mengerti dan paham bagaimana karakteristik dari masing-masing type marmer tersebut, sehingga mareka akan mengerti bagaimana proses pemasangannya baik yang diaplikasi di lantai maupun di dindng.
Mereka yang paham dengan pemasangan marmer yang baik, maka akan bisa menonjolkan berbagai sisi kelebihan dari marmer serta akan menutupi berbagai kekurangan dari batu marmer itu sendiri.

  1. Preview terlebih dahulu sebelum memasang

Meskipun dalam proses pembelian sudah melewati proses seleksi, namun ada baiknya sebelum memasang marmer terlebih dahulu dilakukan juga proses setting, dengan tujuan mendapatkan berbagai keserasian paling tinggi di berbagai hal di gradasi warna, dengan menggunakan arah urat marmer serta meredusi waste material juga kesalahan dalam pemotongan.
Namun, saat proses setting telah selesai, batu marmer diberi coding terlebih dahulu dengan susunan berbagai setting. Dengan coding inilah nanti bisa menjadi salam satu referensi pemasangan.

  1. Persiapan di lantai kerja

Marmer mempunyai karakteristik yang porous mempunyai daya serap akan kelembaban yang terbilang tinggi. Sebelum dipasang, sebaiknya lantai kerja juga dinding di scred, juga dilevel, serta dipastikan bahwa kondisinya benar-benar kering. Alasan ini agar terhindar dari perambatan kelembaban yang dari alas lantai atau dinding secara berlebihan terhadap batu marmer, ketika kondisinya sedang basah. Namun dari efek buruk dari batu marmer yaitu berkeringat maupun ngompol setelah proses dari pemasangan telah selesai. Namun, saat ini terjadi akan semakin sulit dalam memperbaikinya.

Beberapa tips pemasangan marmer di atas cukup mudah, namun ada beberapa hal yang perlu dihindari, supaya proses pemasangan bisa berjalan dengan semestinya. Sebab, marmer merupakan produk dari alam dengan sifatnya yang alamiah dengan kelebiha juga kelemahan marmer yang pasti ada.

Kelebihan dari batu marmer mempunyai keindahan, kemewahan, keunikan, serta punya nilai investasi yang tinggi dalam hal harga jual ruamah anda. Sudah jelas bahwa material ini memang bebeda dengan material yang lainnya. Selain ada sisi positifnya ternyata batu marmer dari asng-masing jenis mempunyai kekurangan masing-masing. Kekurangan umumnya adalah rentan dengan goresan, noda, namun semuanya tetap dapat dihindari dengan berbagai langkan yang preventif.

Semoga informasi berkaitan dengan marmer Ujung Pandang di atas bermanfaat bagi anda yang bingung menggunakan material bangunan. Selengkapnya  kunjungi website www.marmer-granitmurah.com atau hubungi kami di nomor wa 0813-1625-6080 untuk informasi lebih lengkap terkait dengan jenis marmer ini.

Close Menu
Open chat
1
Dengan Marmer Granit Murah
Dengan Marmer Granit Murah
Powered by