Marmer granit merupakan batuan alam yang memang sudah lama terkenal digunakan dalam dunia konstruksi. Jenis batu tersebut memang punya kelebihan, dilihat dari daya tahan, tampilan, dan lain sebagainya. Sebelum menggunakannya untuk konstruksi, Anda tentu saja harus mengetahui apa saja kelebihan dari jenis batuan alam tersebut.

 

Yang pertama ialah marmer yang merupakan salah satu jenis batuan berasal dari proses metamorfosa batuan asalnya, yakni batu kapur. Dari setiap batu alam yang ada, batu alam marmer dan granit merupakan jenis batu yang paling menawan, anggun, dan mewah. Selain itu, marmer juga berguna untuk bahan konstruksi.

 

Warna batu alam marmer dan granit juga sangat beragam, mulai warna hitam legam sampai putih susu. Sedangkan granit merupakan batuan dengan tekstur yang bisa dilihat. Maksudnya ialah butiran mineral granit bisa dilihat tanpa menggunakan mikroskop. Besarnya kristal yang hampir sama menandakan pembekuan batu berlangsung dalam waktu lama.

 

Jika Anda perhatikan, salah satu bagian paling penting dalam menjadikan hunian jadi mewah dan indah ialah material penutup dinding dan lantai. Seperti penggunaan pada batu alam marmer dan granit yang memang paling banyak digunakan untuk memberikan kesan elegan dan mewah pada sebuah hunian atau bangunan lainnya.

 

Batu alam Marmer dan granit memang sudah jadi langganan untuk masyarakat kelas menengah atas. Harga batuan yang selangit ini juga membuat masyarakat menengah ke bawah tidak bisa menggunakan batuan jenis ini untuk diterapkan pada bagunan hunian milik mereka. Meskipun demikian, batuan tersebut juga punya perbedaan yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih.

 

Pemilihan Marmer Granit Untuk Hunian

Mengetahui perbedaan, kelebihan, dan bahkan kekurangan dari marmer granit memang bisa jadi bahan perimbangan Anda dalam memilih jenis batuan mana yang cocok untuk digunakan. Dalam membangun sebuah hunian, pemilihan material memang terbilang sangat penting. Anda tidak hanya memperhatikan kualitasnya saja, tapi juga penampilan yang bisa mendukung desain hunian Anda.

 

Perkembangan zaman membuat material sebuah bangunan hunian juga semakin modern dan banyak variasinya. Bahan yang digunakan juga tidak hanya mengandalkan segi kualitas saja, melainkan juga segi keindahan tampilan hunian tersebut. Syarat tersebutlah yang dipunyai oleh batuan alam marmer dan granit, sehingga batuan tersebut sering digunakan oleh masyarakat.

 

Batu alam Marmer dan granit memang banyak dipakai untuk membangun sebuah hunian, baik untuk dinding maupun lantai. Hal itu tergantung pada desain yang diusung dalam hunian. Jika Anda memang merupakan salah satu orang yang akan membangun sebuah hunian, maka penting bagi Anda memilih penggunaan bahan bangunan untuk hunian Anda.

 

Anda bisa mempertimbangkan banyak sekali bahan bangunan yang ada, akan tetapi batu alam marmer dan granit telah jadi salah satu bahan bangunan dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, keduanya punya kelebihannya dan juga kekurangan masing-masing. Sehingga saat memilih Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari desain hunian Anda.

 

Perbedaan Marmer Granit

Untuk sebagian besar orang juga masih sering salah mengenali kedua jenis batuan tersebut. Banyak yang belum bisa membedakan batuan alam marmer granit karena keduanya memiliki tampilan hampir menyerupai satu sama lain. Sehingga tidak heran jika ada banyak orang yang masih belum tahu perbedaan masing-masing batuan tersebut.

 

Granit sendiri ialah batuan metamorfosa dari gunung vulkan dengan tekstur batuan lebih keras. Sedangkan marmer merupakan batuan beku dari batu kapur yang terkena panas dan mengeras lalu membentuk sedimen dengan pola gradiasi. Hal ini membuat tampilan marmer lebih indah dan teksturnya lebih halus. Dari sini mungkin Anda sudah tahu beda marmer dan granit.

 

Dasarnya, untuk cara pemasangan marmer dan granit ini juga punya kesamaan dengan cara pemasangan untuk kramik biasa pada umumnya. Perbedaannya hanya pada marmer dan granit harus memakai beton guna perekat antar ubin. Namun kedua batuan ini juga punya perbedaan dari segi perawatan.

 

Lantai dengan batuan granit tidak mudah terkena goresan atau kotoran dan juga akan lebih tahan lama. Beda dengan marmer yang lantainya akan mudah kotor, sehingga Anda harus sering membersihkannya. Pembersihan kotoran tidak cukup memakai air saja, namun Anda bisa menggunakan air sabun supaya noda lekas hilang. Hal itu yang membedakan antara batu alam marmer dan granit.

 

Kelebihan Marmer  Granit

Walaupun batu alam marmer  granit punya cukup banyak perbedaan, tapi kedua batuan ini juga punya kelebihan yang bisa membuat Anda jadi sulit memilih salah satunya. Untuk yang pertama ialah batu granit. Batu granit tahan pada goresan dengan beragam benda tajam, daya kilap dan kilau lebih lama jika dibandingkan dengan batu marmer.

 

Selain itu, pori-porinya juga lebih rapat, jadi lebih tahan pada noda dan kotoran serta air. Daya tahan alami pada suhu panas batu granit ini juga lebih baik. Untuk harganya juga relatif lebih murah dibandingkan marmer. Anda bisa memilih antara marmer dan granit, namun granit diual dengan harga yang relatif lebih murah.

 

Sedangkan batu marmer daya tahan akan goresan juga masih bisa dikatakan baik, meskipun tidak sebaik granit.  Daya kilap batu marmer juga tahan lama dengan motif dan corak yang sifatnya lebih natural serta murni. Hal ini membuat marmer jadi lebih indah dan estetis. Batu marmer juga punya daya tahan terhadap suhu panas, meskipun tidak sebaik granit.

 

Selain itu marmer juga punya pori yang lebih besar. Hal ini membuat marmer punya permukaan yang lebih dingin dibanding granit. Meskipun kedua batu tersebut punya kelebihan yang berbeda, namun hal tersebut justru bisa membantu Anda memilih untuk bahan bangunan. Selain itu Anda juga harus bisa mengetahui kekurangan dari batu alam marmer dan granit.

 

Kekurangan Marmer  Granit

Selain kelebihan, batu alam marmer granit juga punya kekurangan yang berbeda. Untuk granit kekurangannya yakni warnanya tidak bisa sama persis satu sama lain karena batuan ini juga terbentuk alami jadi warna dan motif tidak bisa dipastikan sama tiap potongannya. Selain itu, granit juga perlu alat pemotong khusus karena teksturnya yang keras.

 

Kualitas dari granit bagus, tidak kalah dengan marmer. Mesksipun marmer dan granit keduanya juga punya harga yang tidak murah. Batu granit memerlukan perawatan lebih cermat dan intens. Meskipun tidak jauh berbeda dengan marmer, namun kelebihan dan kekurangan tersebut bisa Anda jadikan acuan memilih.

 

Untuk kekurangan marmer tidak jauh berbeda, pada marmer juga memerlukan alat khusus untuk pemotongannya. Warna dan motif dari marmer juga tidak bisa sama persisi karena termasuk batuan yang alami. Sedangkan setelah dilakukan pemasangan, maka marmer harus dipoles terlebih dahulu.

 

Hal ini yang membuat marmer butuh tahapan yang lebih panjang. Sedangkan harga marmer juga lebih mahal daripada keramik pada umumnya. Selain itu, jika marmer tergores atau terkena kotoran, maka proses pembersihan akan lebih sulit. Namun ternyata, masih banyak orang yang tetap memilih batu alam marmer atau granit untuk huniannya.

 

Setelah melihat perbedaan, kelebihan, dan kekurangan batuan tersebut, serta Anda ingin mencari produk marmer dan granit alam lengkap, maka Anda bisa menghubungi kami. Kami bisa memberikan Anda banyak produk marmer dan granit alam. Jika Anda tertarik, maka Anda bisa langsung menghubungi kami di nomor 0813-1625-6080 untuk tahu info lengkap mengenai marmer granit yang Anda butuhkan.

Close Menu
Open chat
1
Dengan Marmer Granit Murah
Dengan Marmer Granit Murah
Powered by